Recent Posts

Post Top Ad

Rabu, 01 Mei 2024

Hidden Gem Wisata Dieng 8 Paling Populer

Hidden Gem Wisata Dieng 8 Paling Populer

Lagi cari rekomendasi Hidden gem wisata Dieng? Yuk cek daftar dari kita, Mulai dari Gunung Prau hingga Perkembunan Teh Tambi!



Indonesia Terkenal dengan Keindahan alamnya yang beragam dan menarik. Maka tak heran jika Indonesia menjadi tujuan wisata populer bagi Pengunjung Mancanegara. Hidden gem wisata Dieng menjadi salah satu tempat yang sedang populer saat ini.



Kepopuleran Dieng saat ini sebagai objek wisata tidak lepas dari Letaknya yang berada di dataran tinggi. Berbeda dengan Destinasi wisata dataran tinggi lainnya, Dieng tidak hanya Menyuguhkan Keindahan alam. Namun Keunikan Hubungan antara kota dan Masyarakatnya cukup menarik minat banyak Pengunjung.



Hidden Gem Wisata Dieng



Kawasan hidden gem wisata Dieng terkenal dengan beragam daya tariknya. Dieng Menawarkan budaya, sejarah, dan alamnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Dieng yang wajib Travela Kunjungi!



1. Gunung Prau

Jika Travela suka mendaki gunung, harus Merencanakan perjalanan ke destinasi dataran tinggi ini. Di Dieng, Travela bisa mencoba mendaki Gunung Prau. Waktu terbaik untuk mendaki ke puncak gunung adalah, saat Matahari terbit dan Terbenam.



Berada di Ketinggian memungkinkan Travela melihat Keindahan Pergerakan Matahari tanpa ada sesuatu yang menghalangi Pandangan mata.



2. Kawah Sikidang

Jauh sebelum menjadi Destinasi wisata utama, Kawah Sikidang sempat menjadi tempat singgah favorit Wisatawan yang Berkunjung ke Kabupaten Dieng. Memang, Berkunjung ke kawasan hidden gem wisata Dieng tidak akan lengkap tanpa Berkunjung ke Kawah Sikidang.



Kawah Sikidang Terletak di dekat Bukit Sikunir. Jika Berkunjung ke salah satu tempat wisata Dieng, jangan lupa membawa masker. Hal ini dikarenakan bau Belerang yang Menyengat dari kawah bisa Mengiritasi sistem Pernapasan.



Baca Juga nanti:



- Wisata Sehari Dieng

- Desa Paling Tinggi Indonesia | 10 Pemukiman di Dataran Tinggi

- Sunrise Point Cukul Pangelangan

3. Kompleks Candi Arjuna

Kompleks Candi Arjuna menjadi salah satu Destinasi wisata paling Terkenal di Kabupaten Dieng. Hidden gem wisata Dieng ini sangat dekat dengan Kawah Sikidang.



kompleks candi arjunaGunung Prau (Source:Unsplash)

Jadi, jika Travela punya banyak waktu luang, sangat Direkomendasikan untuk Mengunjungi Kompleks candi Peninggalan Kerajaan Mataram kuno ini. 5 Bangunan candi berdiri sejajar satu sama lain.



4. Kawah Candradimuka

Kawah Candradimuka terbentuk ketika solfatara muncul dari retakan tanah di Dataran Tinggi Dieng. Dua lubang rekahan tetap aktif, Memuntahkan solfatara secara terus menerus dan Berselang.



Latar Belakang alam hidden gem wisata Dieng ini sangat indah, dikelilingi Bebatuan dan Pepohonan rindang. Untuk Memasuki kawasan kawah ini, Anda hanya perlu membeli tiket Rp 5.000 saja.



5. Telaga Merdada

Jika Travela sekadar ingin Menikmati pemandangan alam kawasan Dieng, Telaga Merdada mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidden gem wisata Dieng ini Terbentang seluas 21 hektar dan Merupakan salah satu tempat wisata paling Terkenal.



telaga merdada diengTelaga Merdada (Source:Unsplash)

Travela bisa Menggunakan perahu kecil untuk sekadar Mengelilingi danau. Selain itu, Travela bisa Menemukan lahan Pertanian kentang di kawasan sekitar. Kentang adalah salah satu hasil Pertanian Dieng yang Terkenal karena Kualitasnya yang tinggi.



6. Petak 9 Dieng

Travela, petak 9 adalah nama lain dari Bukit Sidengkeng, salah satu objek wisata alam di Dieng. Sedangkan Bukit Sikunir dikenal sebagai peta 10 di peta.



Mirip dengan objek wisata Bukit Sikunir, Travela di peta 9 bisa Menikmati Panorama Dieng yang Menakjubkan dari Ketinggian.



Hanya saja di hidden gem wisata Dieng ini, Travela bisa melihat Pemandangan Telaga Warna dari Ketinggian.



7. Telaga Warna

Tidak lengkap rasanya jika anda tidak Mengunjungi tempat wisata Dieng yang satu ini. Telaga Warna Terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.



telaga warna diengTelaga Warna (Source:Unsplash)

Air di Telaga Warna yang Berubah-ubah seperti pelangi itulah yang membuat orang tertarik. Daya tarik Telaga Warna akan semakin terasa jika Travela Berkunjung pada pagi atau sore hari. Sebab, kabut kerap Menyelimuti kawasan sekitar Telaga Warna pada sore hari.



8. Perkebunan Teh Tambi

Travela yang Tertarik melihat Keindahan Perkebunan teh Dieng bisa Mengunjungi Agrowisata Perkebunan Teh Tambi. Posisinya berada tepat di lereng Gunung Sindoro, Sehingga para tamu bisa Menikmati Pemandangan Pegunungan dan kebun teh yang Menakjubkan.



Travela, bisa Mengikuti Berbagai Aktivitas di Agrowisata Perkebunan Teh Tambi, antara lain mempelajari cara Mengidentifikasi teh yang Berkualitas, memetik teh sendiri dengan Keranjang di Punggung, dan Menyaksikan Langsung detail proses Pembuatan teh.



Keunggulan Dieng Sebagai Destinasi Wisata Dataran Tinggi



Perkembangan Pariwisata Dieng saat ini sangat pesat karena Merupakan salah satu tujuan wisata yang populer. Hal ini diperlukan untuk Memberikan Kenyamanan bagi para wisatawan.



Wisata Dieng Mempunyai keunggulan suhu dingin, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi. Oleh karena itu, Fasilitas yang ada harus memadai, agar wisatawan bisa merasa nyaman dalam memanfaatkan keragaman daerah. Berikut Beberapa keunggulan wisata Dieng.



1. Akses yang mudah

Dengan sarana dan Prasarana yang Diperlukan, seperti jalan yang memadai, kawasan wisata Dieng kini bisa dengan mudah diakses dari perkotaan. Selain itu, Travela bisa Berkunjung kesana melalui berbagai moda transportasi.



Untuk menemukan rute perjalanan terbaik, Travela harus melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa bertanya kepada teman atau saudara yang sebelumnya pernah mengunjungi kawasan wisata Dieng, atau melakukan pencarian online.



2. Sarana dan prasarana yang memadai

Salah satu aspek dalam mewujudkan tempat pariwisata adalah penyediaan sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini bisa diakses secara luas oleh wisatawan yang berkunjung ke hidden gem wisata Dieng. Sarana dan prasarana utama adalah jalan raya. Jalan-jalan di kawasan wisata Dieng cukup terawat.



Hampir semua jalan raya utama sudah beraspal, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara. Objek wisata Dieng terletak di daerah dataran tinggi dengan medan terjal dan perbukitan bertingkat.



Oleh karena itu, pihak berwenang sudah mengembangkan fasilitas seperti tangga yang dibangun dengan baik untuk menjamin keselamatan wisatawan yang berkunjung.



3. Menawarkan berbagai tempat wisata

Dieng terkenal dengan wisata alamnya karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Namun siapa sangka, ternyata kawasan wisata Dieng juga menawarkan wisata berbasis adat dan budaya?



Travela tentu sudah tidak asing lagi dengan anak-anak muda Dieng yang berambut gimbal. Setiap tahunnya, festival pemotongan rambut gimbal diadakan di Dieng dan menarik banyak wisatawan.



Selain itu, Dieng memiliki festival musik tahunan yang menambah daya tarik wisatanya yang unik. Bagi yang tertarik dengan sejarah, bisa mengunjungi kawasan hidden gem wisata Dieng.



Dieng memiliki sejumlah situs bersejarah, termasuk candi, yang tersebar di berbagai tempat.



Yuk Baca Informasi menarik lainnya:



- 18 Hidden Gem Di Bandung yang Cocok Untuk Hilangkan Penat

- Hidden Gem Wisata NTT 8 Destinasi yang Wajib Dikunjungi

4. Akses ke Dieng

Banyak pengunjung yang menganjurkan rute darat untuk menuju kawasan hidden gem wisata Dieng. Anda bisa menggunakan bus sebagai sarana transportasi pilihan.



Dari Jakarta, Travela bisa naik bus ke Wonosobo. Setelah sampai di Wonosobo, Anda akan turun di pelabuhan Mendolo dan melanjutkan perjalanan menuju Dieng dengan Mikro Mini.



Saat berkunjung ke Dieng, pastikan turun di Wonosobo pada pagi atau sore hari demi keselamatan dan kenyamanan. Hal ini harus Travela lakukan agar mudah mendapatkan transportasi umum seperti Mikro Mini untuk menuju Dieng.



Itulah beberapa hidden gem wisata Dieng yang patut dikunjungi saat liburan nanti, sekarang kamu bisa catet dulu ya di bucket list, dijamin seru kok, Travela!


https://www.gotravelaindonesia.com/hidden-gem-wisata-dieng/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A million of thanks for your comment

Post Top Ad

Home