Recent Posts

Post Top Ad

Selasa, 09 April 2024

Taman Nasional Baluran Lokasi dan Hewan Yang Dilindungi

Taman Nasional Baluran Lokasi dan Hewan Yang Dilindungi

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di kawasan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia.



Objek wisata populer di Banyuwangi ini dijuluki "Little Africa in Java" karena keindahan sabana di Taman Nasional Baluran, terutama pada musim kemarau, tak kalah dari safari Afrika.



Taman Nasional Baluran, yang didirikan pada tahun 1980, memiliki luas 250 km2 dan termasuk ekosistem selain padang rumput savana. Taman Nasional Baluran selain memiliki keindahan alam yang sempurna, juga rumah bagi berbagai satwa liar, termasuk satwa yang dilindungi seperti Banteng Jawa, Ajag, Macan Tutul, Kancil, dan Kucing Bakau.



Tak hanya satwa, vegetasi mampu beradaptasi pada keadaan yang sangat kering ketika musim kemarau tiba. Pohon widoro bukol, tanaman mimba, dan pohon pilang adalah beberapa contoh vegetasi khas Baluran.



Sejarah Taman Nasional Baluran



Keindahan taman nasional Baluran sudah menarik perhatian jauh sebelum ditetapkan sebagai taman nasional, yaitu sejak masa pemerintahan Hindia Belanda.



KW Dammerman, Direktur Kebun Raya Bogor saat itu, mengusulkan agar Baluran ditetapkan sebagai hutan lindung di 1930. Beberapa tahun sebelumnya, seorang pemburu asal Belanda bernama AH.Loedeboer yang berkunjung ke Baluran merasa kawasan Baluran sangat penting bagi konservasi satwa liar, khususnya mamalia besar.



Kawasan Baluran disana ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa berdasarkan proklamasi GB pada tahun 1987, atas arahan Gubernur Jenderal Hindia Belanda No.9 tanggal 25 September 1937 Stbl. No. 544.



Status Baluran sebagai Suaka Margasatwa Cadangan tersebut dipertahankan setelah kemerdekaan Indonesia oleh Menteri Pertanian dan Agraria Republik Indonesia dengan Surat Keputusan Nomor SK/II/1962 tanggal 11 Mei 1962.



Baluran baru ditetapkan sebagai taman nasional pada tanggal 6 Maret 1980, bertepatan dengan Hari Strategi Konservasi Dunia.



lokasi taman nasional baluran

Lokasi

Taman Nasional Baluran berada di Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.



Tiket Taman Nasional Baluran

Tiket masuk untuk wisatawan lokal yakni Rp. 16.000 saat weekday dan Rp. 18.500 selama weekend. Sedangkan wisatawan asing membayar tiket Rp. 165.000 weekday dan Rp. 240.000 saat weekend. Pada hari kerja dan libur, tarif parkir mobil sebesar Rp 5.000.



Destinasi Wisata Sekitar Baluran

Daripada bertanya-tanya apa saja yang bisa Anda lakukan saat berlibur ke Baluran, berikut informasi mengenai tempat-tempat menarik di destinasi wisata ini:



1. Gua Jepang

Wisatawan bisa mengunjungi gua bersejarah yang ada di taman nasional Baluran ini. Salah satu daya tarik Taman Nasional Baluran adalah Gua Jepang, Gua ini adalah landmark bersejarah sekaligus pintu masuk Taman Nasional, banyak pengunjung yang berduyun-duyun ke objek wisata Jawa Timur ini karena menawarkan lebih dari sekedar pemandangan indah.



Pada tahun 1980, taman nasional ini resmi ditetapkan sebagai destinasi wisata bersejarah, khususnya Gua Jepang. Kehadiran gua ini menjadi salah satu bukti penting penjajahan Jepang di kawasan tersebut. Berukuran 12 meter persegi dan digunakan sebagai tempat penyimpanan amunisi serta benteng pertahanan tentara Jepang.



2. Perairan Bama

Bama beach tidak hanya indah untuk melihat matahari terbenam, namun menjadi salah satu tempat terbaik untuk snorkeling karena perairannya yang sesuai.



Pantai Bama kini memiliki pasir putih sepanjang 300 meter, serta pemandangan vegetasi bakau. Dengan adanya perairan pantai Bama dengan keindahan bawah lautnya, segalanya terasa semakin lengkap.



Para pecinta snorkeling tidak perlu menyewa perahu untuk mengikuti kegiatan ini, karena Anda bisa berenang langsung ke tengah laut dengan jarak 100 hingga 200 meter untuk menikmati pemandangan bawah laut, khususnya hamparan karang. Anda tidak hanya akan menemukan karang, tetapi berbagai jenis ikan dan hewan air.



3. Pantai Bilik Sijile

Pernahkah Anda mendengar tentang Pantai Bilik Sijile? Walaupun hampir semua orang tidak mengetahui tentang Pantai Bilik Sijile, namun keindahan alam yang ada disekitarnya patut diacungi jempol. Banyak orang yang mulai tertarik untuk berkunjung, karena tertarik dengan keindahan alam pantai tersebut.



Selain ombaknya yang tenang, pantai ini memiliki pemandangan matahari terbenam yang memukau. Selain langitnya jingga, menyaksikan matahari terbenam dengan suasana pantai yang bersih pun semakin seru, ditambah dengan pemandangan Gunung Baluran.



Wisata menarik lainnya:



- Desa Wisata Indonesia | Catat 14 Daftar Paling Populer!

- Riung Taman Nasional 17Pulau

4. Pantai Balanan

Taman nasional Baluran menjadi tujuan wisata yang populer karena banyaknya pantai yang dimilikinya.



Pantai Balanan adalah salah satu pantai yang termasuk dalam Taman Nasional ini. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Bama dan bisa dicapai dengan berjalan kaki sejauh 3 kilometer ke arah barat.



5. Pantai Pandeyan

Tempat selanjutnya yang harus Anda kunjungi jika pergi ke taman nasional Baluran ini adalah Pantai Pandeyan.



Memang Pantai Bilik Sijile tetap menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam, namun Pantai Pandeyan juga tak kalah sempurna, karena menyuguhkan pemandangan langit senja dan sunrise.



6. Hutan Evergreen

Hutan Evergreen di taman nasional ini wajib dikunjungi, karena biaya masuknya yang murah. Jalur yang terlihat seperti terowongan hijau bisa digunakan untuk menjelajahi kawasan hutan. Padang Savana bisa dicapai melalui jalur ini.



Jika sudah masuk, Anda akan menikmati pemandangan hijau selama berada di Hutan Evergreen. Banyak pepohonan tropis berfungsi sebagai tempat berlindung yang aman bagi banyak spesies hewan.



Hutan ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, terutama jika Anda berkunjung antara bulan Januari dan Februari. Terbukti bahwa ada adalah segerombolan kupu-kupu di genangan air di seluruh hutan.



7. Savana Bekol

Tempat selanjutnya yaitu Savana Bekol, kini bisa Anda jelajahi setelah melewati hutan cemara di taman nasional Baluran yang membentang berkilo-kilometer, bisa dibilang Savana Bekol menjadi daya tarik utama destinasi wisata ini.



Raisa, seorang penyanyi, memilih Padang Savana Bekol sebagai backdrop video klip yang ia terbitkan karena daya tarik Savana Bekol. Gambar-gambar pemandangan alam bisa kamu ambil ketika berkunjung ke Padang Savana, seperti pepohonan besar di tengah padang rumput, latar belakang pegunungan, dan satwa liar yang membuat tempat tersebut semakin fotogenik.



8. Menara Pandang

Anda akan kecewa jika berkunjung ke taman nasional Baluran namun tidak singgah di Menara Pandang, karena tempat yang indah ini memungkinkan Anda untuk mengagumi padang rumput dari ketinggian, belum lagi menara pandang yang dibuat khusus untuk itu.



Memungkinkan wisatawan untuk mengamati semua spesies yang ada di Savana Bekol. Ada beberapa penampakan satwa liar yang bisa dilihat, seperti Ayam hutan, Kijang, rusa, burung merak, kerbau liar, dan banteng liar. Anda bahkan akan disuguhi pemandangan seperti rusa liar yang berlarian berkelompok. Beberapa satwa diantaranya terancam punah.



9. Dermaga Mangrove Bama

Tak hanya hamparan pasir putihnya yang masih bersih, Pantai Bama Baluran menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak diminati, hal ini dikarenakan adanya spot lain yaitu Dermaga Mangrove Bama, Biasanya pengunjung senang berfoto-foto saat berada di dermaga.



Dermaga Mangrove Bama terletak sekitar 100 meter sebelah selatan pantai, untuk menuju dermaga harus melewati hutan bakau terlebih dahulu.



Yuk baca destinasi lainnya:



- Taman Nasional Pulau Komodo

- Keindahan Taman Nasional Lorentz Papua

- Taman Nasional Bantimurung | Wisata Eksotis Di Sulawesi Selatan

10. Hutan Musim

Terakhir adalah Hutan Musim, yaitu jenis hutan yang terdapat di taman nasional Baluran. “Hutan musim ini sesuai dengan musimnya.” Saat musim kemarau, semua tumbuhan di sana menjadi padang rumput dan semak belukar.



Sebaliknya, hutan akan hijau kembali saat musim hujan, oleh karena itu, wisatawan bisa merencanakan kunjungannya untuk menikmati pemandangan unik Hutan Monsoon pada musim kemarau atau segar pada musim hujan.



Tak heran jika Taman Nasional Baluran menjadi salah satu tempat wisata alam terbaik di Indonesia, mengingat keanekaragaman dan keindahannya. Ingin melihat keindahan yang ditawarkan Baluran?



Anda bisa merencanakan perjalanan ke Taman Nasional Baluran untuk menghabiskan liburan akhir tahun nanti!


https://www.gotravelaindonesia.com/taman-nasional-baluran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A million of thanks for your comment

Post Top Ad

Home